10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Install Sublime Text

Assalamualaikum teman-teman pembaca, pada postingan kali ini saya mau share sedikit mengenai Sublime Text. Pembahasan kali ini yaitu hal-hal yang disarankan untuk teman-teman lakukan setelah menginstall sublime text 3. Kenapa harus bahas sublime text? Apa kelebihan dan kekurangan sublime text?

Logo Sublime Text 3

Sublime text adalah text editor yang banyak digunakan para programmer khususnya untuk membangun sebuah website. sublime text 3 sangat ringan, setidaknya lebih ringan dibandingkan Visual Studio Code, apa lagi dibandingkan dengan Atom Editor. Atom Editor memiliki user interface yang sangat menarik (setidaknya bagi saya pribadi), namun karena terasa cukup berat maka teman-teman yang menggunakan atom editor saya rekomendasikan setidaknya untuk mencoba sublime text.

Bisa dikatakan bahwa tidak ada text editor terbaik, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Berikut kelebihan dan kekurangan sublime text 3

Kelebihan Sublime Text 3

  1. Ringan
    Text editor hanyalah alat bantu. Tak ada yang salah soal teman-teman menggunakan text editor apa, yang penting itu bisa membantu teman-teman untuk jadi lebih produktif. Performa text editor yang powerfull tentu akan sangat membantu kita untuk menjadi lebih produktif dalam menulis kode.
  2. Multiple Selection
    Teman-teman bisa merubah beberapa kata/syntax yang sama dalam sekali ketik. Caranya blok karakter yang ingin dirubah, lalu tekan CTRL+D untuk menyeleksi karakter yang sama dengan karakter yang diblok tadi, ulangi CTRL+D jika masih ada yang harus diseleksi. Kemudian teman-teman bisa langsung menggantinya sekaligus.
  3. Distraction Free Mode
    Fitur ini berguna untuk membuat kita lebih fokus terhadap file yang sedang kita tulis atau ubah. Caranya dengan menekan SHIFT+F11
  4. Find in Project
    Fitur ini memungkinkan kita untuk menemukan dan membuka file dengan cepat dan mudah tanpa harus menelusuri folder satu persatu terlebih dahulu. Caranya dengan menekan CTRL+P lalu ketikkan nama file yang ingin kita cari.
  5. Drag & Drop
    Fitur ini memudahkan kita untuk menarik folder dari file explorer ke dalam text editor. Sehingga folder beserta isinya bisa langsung diakses melalui sublime text.
  6. Split Editing
    Fitur ini berguna untuk melihat perbandingan beberapa file sekaligus. Fitur ini akan terasa powerfull jika kita menggunakan layar yang luas.
  7. Gratis
    Tools gratis memang menarik, terlebih jika kita belum memiliki proyek. Meskipun sublime text menerima pembayaran untuk aplikasinya, sublime text mengizinkan penggunanya untuk menggunakan text editor tersebut secara gratis sampai waktu yang belum ditentukan. Beda gratis dan berbayar pada aplikasi sublime tidak berpengaruh terhadap performa. Versi gratis terdapat tulisan (UNREGISTERED) pada bagian atas dan sekali-kali muncul pemberitahuan untuk pembelian aplikasi.
    Free Sublime Text 3

Kekurangan Sublime Text 3

  1. Terminal kurang powerfull
    Mungkin ini adalah satu-satunya kekurangan yang cukup terasa pada sublime text 3, package terminal menggunakan PowerShell bawaan windows 10. Jika teman-teman punya solusi untuk terminal ini silakan komentar di bawah ya 🙂
  2. Beberapa Packages tidak bisa diinstall
    Entah karena tidak cocok dengan versi sublime terbaru atau memang perlu konfigurasi tambahan, package seperti FileIcons, Alignment, dan beberapa packages lainnya tidak bisa digunakan. Jika teman-teman tau sebabnya atau bahkan punya solusinya silakan bantu di komentar ya.

10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Install Sublime Text

Apa saja packages yang perlu diinstall di Sublime Text? Apa konfigurasi yang perlu dilakukan? Berikut hal-hal yang saya sarankan untuk dilakukan setelah menginstall sublime text:

  1. Install Package Control
    Package Control ini nantinya akan kita gunakan untuk menginstall paket-paket lainnya. Caranya masuk ke Command Pallete dengan menekan CTRL+SHIFT+P lalu ketikan install package control pada form yang disediakan.
  2. Install Tema One Dark Material Theme
    Nah di sini kita langsung memanfaatkan Package Control yang sudah kita install tadi. Kali ini Kita akan menginstall tema ala ala atom editor. Buka Command Pallete (CTRL+SHIFT+P) lalu ketikkan install package lalu pilih Package Control: Install Package, tunggu sublime menampilkan daftar paket yang tersedia untuk diinstall. Jika form sudah muncul tinggal ketikkan One Dark Material lalu pilih One Dark Material – Theme. Jika sudah selesai, teman-teman bisa mengaktifkan tema tersebut dengan masuk ke Command Pallete lalu ketikkan UI lalu pilih UI: Select Theme, kemudian pilih OneDarkMaterial.sublime-theme. Sekarang folder dan file teman-teman terlihat lebih menarik.
    One Dark Material Theme
  3. Install Theme – One Dark
    Seperti biasa, buka Command Pallete, Package Control: install package ketik One Dark pilih Theme – One Dark. Buka Command Pallete, cari UI: Select Color Scheme pilih Widget – One Dark untuk mengaktifkan Color Scheme dari Theme One Dark.
    Widget - One Dark Color SchemeOne Dark Material juga bisa membuat tampilan seperti Atom Editor, hal yang paling saya sukai dari Widget – One Dark ini karena tetap membedakan warna this, class, & method yang mana tidak dilakukan color scheme One Dark Material.
  4. Install A File Icon
    Package
    yang satu ini masih berhubungan dengan tampilan, yaitu merubah icon-icon dari file yang kita miliki berdasarkan ekstensi file-nya. Caranya sama dengan sebelumnya, cari tinggal cari di package control A File Icon. Ini membuat Icon-icon menjadi lebih menarik. Untuk point 2, 3, dan 4 ini hanya mengenai selera, jika teman-teman tidak terlalu memusingkan warna tampilan bisa mengabaikan langkah-langkahnya. Atau teman-teman lebih memilih packages yang lain? Silakan share di kolom komentar ya.
    A File Icon
  5. Install Emmet
    Emmet bisa membantu web programmer menjadi lebih produktif dalam menulis kode, silakan tonton video berikut: Cara Download dan Install Sublime Text Beserta Plugin Emmet
  6. Install All Autocomplete
    Plugin ini akan memprediksi keywords yang ingin kita ketikkan dengan memberikan rekomendasi keywords yang diprediksi. Untuk meminta rekomendasi cukup dengan menekan CTRL+Spasi setelah mengetikkan awal kata. All Autocomplete ini bisa membantu kita untuk menulis kode dengan lebih cepat.
    All Autocomplete
  7. Install ColorPicker
    Plugin ColorPicker ini sangat membantu programmer untuk menulis kode warna, terutama untuk pemula yang tidak hafal kode warna. Cukup dengan menekan CTRL+SHIFT+C
    ColorPicker
  8. Install Color Highlighter
    Plugin Color Highlighter ini berguna untuk melihat warna yang dihasilkan oleh setiap kode warna yang kita tulis.
    Color HighlighterJika Color Highlighter teman-teman belum berfungsi setelah diinstall silakan tutup sublime text teman-teman lalu buka kembali. Berdasarkan pengalaman, plugin ini berfungsi dengan baik setelah aplikasi sublime text di-restart
  9. Install Aligment
    Pengenalan dan pemberian nilai pada beberapa variabel akan mudah dibaca jika tanda sama dengannya sejajar. Menggunakan alignment cukup dengan menyeleksi (blok) kode yang ingin disejajarkan sama dengannya kemudian tekan shortcut CTRL+ALT+A. Lihat tampilan berikut:
    Tanpa AlignmentLalu bandingkan dengan tampilan berikut yang sudah menggunakan alignment
    Menggunakan Alignment
  10. Konfigurasi Auto Indent
    Konfigurasi ini bisa membantu teman-teman untuk membuat kodingan teman-teman menjadi lebih rapi. Klik PreferencesKey Bindings.
    Key Bindings
    Pada tab Default (Windows).sublime.keymap — User masukkan script berikut:

    {"keys": ["alt+shift+a"], "command": "reindent", "args": {"single_line": false}}

    Script Auto IndentCara menggunakannya dengan menyeleksi kode yang ingin dirapikan (bisa gunakan ctrl+a) lalu tekan shortcut ALT+SHIFT+AShortcut ini sesuai dengan keys yang teman-teman definisikan pada Key Bindings tadi. Inilah contoh tampilan yang akan kita rapikan
    Koding BerantakanBerikut tampilan setelah Auto indent
    Auto Indent

Saya menyadari bahwa ada teman-teman pembaca yang memiliki pengetahuan lebih dari saya. Sangat mungkin terdapat banyak kekurangan pada isi postingan ini meskipun postingan ini ditulis sejak bulan Agustus lalu dan baru selesai bulan September ini. Jika ada yang salah jangan didiamkan saja, sampaikan melalui komentar. Jangan segan untuk berkomentar memberikan rekomendasi, siapa tau ada pembaca yang sangat terbantu dengan rekomendasi teman-teman. Itulah 10 hal yang saya sarankan untuk dilakukan setelah menginstall Sublime Text. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan-postingan lainnya.

About the Author

Ahmad Mazlan

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *