Sofware Simulasi Jaringan Komputer

Nah Masih pada binggung dengan salah satu sofware simulasi jaringa seperti cisco packer tracer?

Sofware Simulasi Jaringan Komputer

Mengenai Sofware simulasi jaringan kita tidak asing lagi dengan cisco packer tracer , nah disini saya akan menjelaskan pengertian mendasarnya , simakk yahh ?!!!

Pengertian Cisco Packet Tracer

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Kegunaan Cisco Packer Tracer

Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.

Fungsi Cisco Packer Tracer

Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Peran Dalam Pendidikan

Packet Tracer memungkinkan siswa untuk desain yang kompleks dan jaringan yang besar, yang sering tidak layak dengan fisik hardware, karena untuk biaya. Packet Tracer adalah yang biasa digunakan oleh CCNA Academy siswa, karena itu tersedia untuk mereka secara gratis. Namun, karena keterbatasan fungsional, hal ini dimaksudkan oleh Cisco untuk digunakan hanya sebagai alat bantu pembelajaran, bukan pengganti untuk Cisco router dan switch. aplikasi itu sendiri hanya memiliki sejumlah kecil fitur yang ditemukan dalam realisasi perangkat keras yang berjalan saat ini Cisco IOS versi.

Kelebihan dari media pembelajaran packet tracer

  • Pembelajaran akan lebih menarik sebab media yang dipakai berupa visual atau gambar.
  • Dapat mengurangi Biaya besar untuk melakukan kegiatan pembuatan jaringan.
  • Dapat meningkatkan kreativitas individu karena pembelajaran dilakukan sendiri.
  • Dimungkinkan siswa untuk mengeluarkan idea atau gagasannya secara baik dan sistematis.
  • Dapat melakukan rancangan suatu topologi jaringan dengan mudah serta penempatan perangkat jaringan dapat diatur dan ditentukan dengan baik.

Kekurangan dari media pembelajaran packet tracer

  • Media yang ditampilkan adakalanya susah dipahami oleh siswa.
  • Permasalahan yang diajukan adakalanya tidak sesuai dengan daya nalar siswa.
  • Media yang ditampilkan memiliki komponen fisik yang terbatas.
  • Untuk melatih alur kemampuan siswa untuk belajar melalui media sangatlah sulit.
  • Harus mambutuhkan konsentrasi yang tinggi, sementara siswa susah diajak konsentrasi penuh atau totalitas.

Media ini bermaksud agar siswa lebih terampil untuk menggali pengetahuan awal yang sudah dimiliki dan memperoleh pengetahuan baru sesuai dengan pengalaman belajar.

Karakteristik dari media pembelajaran ini adalah :

  • Pembelajaran dilakukan secara individu.
  • Menghasilkan suatu rancangan jaringan yang disajikan dengan sekreatif mungkin.
  • Media pembelajaran packet tracer tidak harus berupa materi yang ada dibuku kita dapat menggantinya menjadi rancangan yang menarik dan sesuai dengan selera kita
  • Tipe orang yang cocok dengan media pembelajaran Packet Tracer adalah tipe orang visual
  • Packet Tracer berpengaruh dengan kreativitas anak dan prestasi belajar anak.

Packet Tracer terbaru yaitu versi 6.2. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIP, OSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.
Nah Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *