Pengenalan Search Engine

Search Engine (Mesin Pencari)

adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).
Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis anda.
 

Pengertian SEO

Berikut mengenai SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan. Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website. SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet

Tujuan Dibuat Search Engine

Banyak dari kita sering menggunakan search engine, apa kalian tau apa tujuan dibuat nya search engine. Tujuan nya dibuat search engine agar mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata “Pengertian Search Engine” maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.
 

Karakteristik dan Ciri-Ciri Search Engine

Program untuk mencari informasi di internet tidak hanya search engine, ada juga yang disebut dengan web direktori dan invisible web. Masing-masing mempunyai kemampuan berbeda-beda, namun hingga kini search engine masih dinilai sebagai program paling mendekati sempurna untuk menyajikan informasi dengan cepat dan tepat. Dan suatu program pencarian bisa dikatakan sebagai program search engine jika memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih
  • Menampilkan informasi berdasarkan kata kunci yang dicari, search engine berusaha untuk mencari kecocokan antara kata kunci atau keyword dengan dokumen yang ada pada seluruh halaman website atau dokumen
  • Database dokumen dijaring dengan menggunakan robot bernama spider
  • Kemampuan sebuah search engine berbeda-beda, dari mulai skala kecil hingga skala besar yang mampu menampung data website hingga miliaran

Ciri khusus dari search engine dibanding program pencarian lainnya adalah terletak pada proses peng-crawler-an halaman dokumen, untuk melakukannya search engine menggunakan bantuan robot bernama spider tanpa campur tangan manusia. Hampir 90% pengguna internet mencari informasi melalui program search engine. Di antara mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah google.com. kenapa engga mecoba menggunakan search engine yang lain, kenapa tidak tau yang lain selain google? Tenang ini saya kasih 5 search engine selain google.
 

Contoh Search Engine

1.Alltheweb (www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
 

  1. MSN (www.search.msn.com)

MSN merupakan mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.
Keunggulan MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita.
 

  1. Gigablast (http://www.gigablast.com)

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin.
 
4.ASK! ( www.ask.com )
Ask.com merupakan situs tanya jawab yang fokus terhadap e-business dan mesin pencari website (web search engine). Ask.com berdiri pada tahun 1996, dibentuk oleh Garret Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat. Data pada tanggal 3 Februari 2016, search engine ini, menurut Alexa Rank ada di nomor 47.
 
5.AOL ( www.Aol.com )
Aol merupakan industri yang bergerak di bidang jasa internet dan telekomunikasi, salah satunya menjadi alat search engine di dunia internet.  Berdiri sudah cukup lama sekali, yakni pada tahun 1983 di Vienna, Virginia, pada waktu itu berdiri dengan nama Control Video Corporation. Sekarang kantor Aol bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat.
 
Cara mengetik keyword 
Tips agar hasil pencarian lebih akurat:

  1. Sebaiknya tuliskan frase dengan beberapa kata lainnya, seperti: World Cup Highlights.
  2. List dalam kata sebaiknya disertai koma, misalnya: Shoes, Bags, Wallets.
  3. Kata yang biasa ditampilkan bersama sebaiknya ditulis dalam tanda petik seperti “Diego Maradona”, atau dengan menulis Diego+Maradona, meski beberapa search engine tidak mendukung tanda+.
  4. Gunakan operator AND, OR di antara kata, atau klik link “Advanced” pada website pencari untuk mengetahui lebih jelasnya.

 

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *