Mengenal Pascal, Kelebihan & Kekurangan Pascal

Free Pascal

Salah satu istilah pemograman yang seringkali kita dengarkan adalah pascal. Tapi apakah yang dimaksud dengan pascal? Apa fungsinya? Ini merupakan pertanyaan yang mungkin sering terbetik di benak kita saat mendengarkan kata pascal.

Secara garis besar berdasarkan keterangan dari wikipedia, pascal merupakan istilah untuk bahasa pemograman tertentu. Bahasa ini pertama kali dibuat oleh Profesor Niklaus Wirth yang merupakan salah seorang anggota IFIP (International Federation of Information Processing) pada tahun 1971.

Nama pascal sendiri diambil dari nama seorang ahli matematika Prancis yang merupakan pembuat mesin penghitung pertama kali, yaitu Blaise Pascal. Entah apa alasan Profesor Niklaus Wirth menggunakan nama tersebut, tapi tujuan dibuatnya bahasa pemograman ini tidak lain sebagai alat bantu saat mengajarkan konsep pemrograman komputer para mahasiswanya. Dengan alat bantu ini, dia berharap para mahasiswanya bisa lebih mengerti dengan pembahasan tersebut.

Di masa tersebut sebenarnya sudah ada bahasa pemograman, hanya saja masih terdapat banyak kekurangan dalam bahasa pemograman tersebut. Dengan kehadiran pascal, berbagai kekurangan tersebut bisa diperbaiki dan dilengkapi.

Tipe Data Pemograman Pascal

Terdapat beberapa jenis tipe data dalam bahasa pascal yang seringkali digunakan sebagai sebuah variabel atau konstanta pada program, yaitu :

  • Byte yang menunjukkan range variabel dari 0 sampai 255
  • Integer yang menunjukkan range variabel -32768 sampai 32767
  • Real yang menunjukkan range variabel untuk semua nilai pecahan dari 1E-38 sampai 1E+38
  • Boolean yang menunjukkan range variabel nilai TRUE atau FALSE
  • Char yang menunjukkan range variabel untuk semua karakter dari tabel ASCII
  • String yang menunjukkan range variabel semua huruf, spasi, frasa

Kelebihan Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi yang memiliki banyak kelebihan. Berbagai kelebihan tersebut adalah sebagai berikut :

1.Tipe Data Standar

Tipe ini merupakan tipe yang sudah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh tipe data standar yang dimiliki pascal yaitu boolean, char, string, integer, dan real

2.User defined Data Types

Keunggulan ini membuat para programmer bisa membuat tipe data lainnya sebagai turunan dari dari tipe data standar.

3.Strongly-typed

Keunggulan ini membuat para programmer harus menentukan tipe data dari sebuah variable. Nantinya variabel tersebut tidak bias dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang sudah ditentukan sebelumnya.

4.Terstruktur

Pascal memiliki sintaks yang menjadikan penulisan program bisa dipecah ke dalam fungsi-fungsi kecil (procedure dan function). Fungsi-fungsi kecil tersebut nantinya bisa dipergunakan berulang-ulang.

5.Sederhana dan Ekspresif

Struktur pemograman yang dimiliki oleh pascal tergolong sederhana, bahkan cenderung mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris). Kesederhanaan ini menjadikan bahasa pemograman pascal mudah dipelajari dan dipahami.

6.Bahasa Pemograman Tim Nasional Olimpiade TOKI

Keunggulan lain yang dimiliki oleh bahasa pemograman pascal yaitu dipergunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi TOKI (Tim Nasional Olimpiade Komputer Indonesia). Bukan hanya itu, bahkan sampai saat ini pascal masih tetap dipergunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

Kekurangan Bahasa Pemograman Pascal

Selain memiliki berbagai kelebihan, tentu saja bahasa pemograman juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini bukanlah perkara yang aneh, karena tidak ada satupun yang sempurna dalam kehidupan dunia ini. Berikut ini beberapa kekurangan bahasa pemograman pascal yang perlu Anda ketahui :

  • Versi awal pascal tidak bisa digunakan sebagai aplikasi bisnis disebabkan keterbatasan dukungan basis data.
  • Sintaks Pascal dianggap terlalu bertele-tele.
  • Tidak memiliki dukungan untuk pemrograman berorientasi objek.
  • Terlalu kaku, kurang fleksibel , serta tidak bisa memenuhi berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi yang besar.

Demikianlah informasi seputar apa itu pascal, serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan seputar masalah ini.

About the Author

Ahmad Mazlan

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *