Cara Penulisan Variabel dalam Pascal (Bagian 1)

Menjalankan program pascal

Pada kelanjutan tutorial pascal kali ni saya akan membahas tentang apa itu variabel dan cara penulisannya dalam bahasa pemrograman pascal. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan Anda tentang pemograman pascal semakin bertambah.

Pengertian Variabel

Maksud dari variabel pada pemograman pascal yaitu ‘penanda’ identitas yang berfungsi menampung suatu nilai. Nilai tersebut bisa diubah sepanjang kode program. variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer, di mana setiap variabel memiliki nama yang merupakan identitas variabel tersebut.

Dalam ilmu matematika, konsep variabel umumnya menggunakan x atau y, misalnya pada persamaan berikut: x = y + 2.

Disini, nilai ‘x’ dan ‘y’ dapat diisi dengan angka apapun (meskipun dalam persamaan diatas, nilai x tetap bergantung kepada nilai y). Adapun di dalam pemrograman pascal, nilai variabel dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung kebutuhkan. Misalnya, jika Anda membuat program menghitung luas lingkaran, Anda bisa membuat variabel ‘kode2’ dan mengisinya dengan nilai ‘8’, kemudian di dalam kode program tersebut Anda mengubah nilainya menjadi ‘9’, ‘11’ atau ‘100’ semua bisa dan memungkinkan.

Cara Penulisan Variabel dalam Pascal

Jika Anda ingin membuat variabel di dalam pascal, Anda harus men-deklarasikan-nya sebelum main program. Sebab, setiap variabel memiliki tipe data tertentu, dan variabel tersebut sepanjang kode program dapat dapat diubah nilainya selama berada dalam tipe yang sama.

Sebagai contoh, apabila variabel ‘kode2’ sudah di-set dengan tipe data ‘angka’, maka sudah merupakan keharusan mutlak kalau isian variabelnya nanti hanya bisa dengan nilai angka seperti 8, 10, atau 70, dan lain sebagainya. Anda tidak akan bisa mengisinya dengan nilai huruf maupun kata yang menunjukkan angka seperti ‘delapan’, ‘sepuluh’ atau ‘tujuhpuluh’.

Jenis-Jenis Tipe Data dalam Pascal

Program pascal mendukung beberapa jenis tipe data yang pengelompokannya di bagi menjadi tipe data dasar, tipe data bentukan, tipe data terstruktur, dan lain sebagainya. Adapun tipe dasar di dalam pascal terbagi menjadi 4 yang dikenal sebagai tipe data ‘scalar’. Keempat tipe dasar tersebut adalah sebagai berikut :

  • Integer : Tipe data ini dalam bentuk angka bulat, seperti 1,2,4,10,100 atau 486263.
  • Real: Tipe data ini dalam bentuk pecahan atau angka desimal (pecahan), seperti 22.5, 3.12, atau 0.003
  • Char: Tipe data ini dalam bentuk huruf, seperti “b”, “B”, “Y” atau “z”.
  • Boolean: Tipe data ini hanya terdiri dari 2 nilai, true atau false.

Selain 4 tipe dasar, pascal juga menyediakan 8 tipe tambahan, yaitu :

  • String: Tipe data tambahan ini dalam bentuk kumpulan karakter, seperti “saya”, “kamu” atau ”, dan lain sebagainya.
  • Subrange: Tipe data tambahan ini berisi bagian dari tipe data lain. Sebagai contoh, tipe data “angka_kecil” yang berisikan angka 1 – 9.
  • Array: Tipe data tambahan ini memiliki banyak variabel, misalnya saat Anda membuat nama murid sebagai array “murid”, dan variabel penyusunnya adalah murid[1], murid[2], murid [3], dst.
  • Enumerated: Tipe data tambahan ini merupakan bentukan dengan defenisi tersendiri. Misalnya saat Anda membuat tipe data warna yang terdiri dari nama-nama warna.
  • Record: Tipe data tambahan ini merupakan bentukan yang berisikan beberapa tipe data. Misalnya record untuk “murid” bisa terdiri dari “nama”, “alamat”, “usia”, dan lain sebagainya.
  • Set: Tipe data tambahan ini mirip dengan subrange, namun dapat digunakan untuk operasi himpunan seperti gabungan, bagian, irisan, dan lain-lain.
  • Pointer: Tipe data tambahan ini merujuk kepada sebuah alamat di memory.
  • File: Tipe data tambahan berfungsi sebagai pengakses file atau dokumen.

Demikianlah artikel tentang pengertian variabel dan cara penulisannya dalam bahasa pemrograman pascal pada artikel kali ini. Pembahasan ini belum selesai, akan dilanjutkan pada bagian kedua yang merupakan kelanjutan dari pembahasan ini.

About the Author

Ahmad Mazlan

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *