Cara Membuat Program Pascal dan Menjalankan Kode Program Pascal

Menjalankan program pascal

Satu hal yang sangat penting terkait dengan kode pascal adalah mengetahui cara menjalankan kode pascal tersebut. Hal ini penting agar aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pascal bisa langsung digunakan setelah diunduh dan diinstall.

Cara menjalankan kode program pascal pada artikel kali ini dimulai dengan sebuah contoh sederhana, yaitu membuat kode program menggunakan pascal untuk menampilkan teks “Ini program pertama”. Adapun detailnya akan saya uraikan di bawah ini.

Detail Cara Menjalankan Kode Program Pascal Untuk Menampilkan Teks Ini program pertama

1.Membuat File Baru Terlebih Dahulu

Jika ingin membuat file baru menggunakan aplikasi Free Pascal, silahkan masuk ke menu file terlebih dahulu, lalu pilih New yang terletak di bagian kiri atas (lihat gambar)

Membuat file baru

Setelah itu akan terlihat tampilan layar biru editor pascal seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

File baru free pascal

Pada tampilan gambar di atas, terlihat jelas dibagian tengah layar tulisan noname01.pas. Tulisan yang menggunakan extension .pas tersebut merupakan nama temporary file (nama file sementara) sebelum teman-teman menyimpan file pascal nantinya.

Baiklah, langkah selanjutnya adalah teman-teman bisa mengetikkan kode program berikut ke dalam editor:

program run_pascal;
uses crt;
begin
 clrscr;
 writeln('Ini program pertama');
 writeln('Belajar menjalankan program pascal');
 readln();
end.

jika teman-teman melihat ada nomor di sebelah kiri kode, itu bisa teman-teman abaikan, itu hanya menunjukkan baris saja agar mudah dibaca.

2.Cara Menyimpan File Kode Pascal

Telah disinggung di atas bahwa kode yang telah dibuat itu perlu disimpan. Cara menyimpannya sangat mudah, masuk ke menu File, lalu pilih Save. Tapi jangan heran jika jendela Save File As pada Free Pascal atau Turbo Pascal terlihat berbeda dan ‘jelek’ jika dibandingkan dengan jendela Save pada aplikasi Windows lainnya. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi untuk menjalankan pascal memang terkait dengan sistem operasi DOS, bukan Windows yang tentu saja sudah mendapatkan dukungan grafis.

Setelah di-save, teman-teman bisa melihat posisi folder terdapat pada alamat “C:\FPC\3.2.0\bin\i386-win32\*.pas” sebagaimana gambar di bawah ini.

Menyimpan program free pascal

teman-teman bisa mengubah alamat tersebut dengan alamat lain yang teman-teman inginkan, misalnya mengubahnya menjadi “C:\FPC\3.2.0\hasil” atau yang lainnya.

3.Men-compile Kode Pascal (Membuat File .exe)

Setelah file di atas tersimpan, selanjutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah men-compile atau dengan kata lain melakukan proses untuk pembuatan program executable (file .exe) untuk kode program yang sudah dibuat sebelumnya.

Proses men-compile kode program tergolong rumit, karena sebuah compiler akan melakukan perubahan terhadap kode yang sudah dibuat sebelumnya menjadi object code, yang selanjutnya akan diproses menjadi program executable. Program executable tersebut berupa file yang berakhiran *.exe sebagai hasil akhir aplikasi.

Hal yang perlu dilakukan untuk men-compile kode program pascal tersebut adalah dengan memilih menu Compile -> Compile. Bisa juga menggunakan shortcut ALT+F9 untuk cara cepat (lihat gambar).

Compile free pascal

Setelah langkah di atas, program Free Pascal (atau Turbo Pascal) akan memproses seluruh kode program tersebut. Jika terdapat error maka akan ditampilkan, sebaliknya jika sukses akan muncul keterangan “Compile sucessfull: Press any key”.

Untuk keluar dari pemberitahuan hasil compile, silahkan tekan tombol apapun di perangkat teman-teman. Jika proses compile yang teman-teman lakukan sukses, maka teman-teman akan melihat 4 buah file di folder tujuan teman-teman tadi yaitu latihan1.bak, latihan1.exe, latihan1.o, dan latihan1.pas.

Run Free Pascal

Setelah itu teman-teman bisa menjalankan program tadi dengan mengklik Run dan pilih Run lagi (shortcut: CTRL+F9) atau langsung menjalankan file latihan1.exe yang terdapat di dalam folder tempat kita menyimpan tadi seperti layaknya aplikasi Windows apabila teman-teman mengunakan Free Pascal. Caranya silahkan klik 2 kali pada file latihan1.exe tersebut. Jika muncul tampilan bertuliskan Ini program pertama kemudian di baris berikutnya Belajar menjalankan program pascal, berarti teman-teman sukses membuat dan menjalankan kode program pascal sebagaimana yang diinginkan pada artikel kali ini.

 

About the Author

Ahmad Mazlan

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *