Unit Fungsional

Suatu komputer terdiri dari lima bagian utama yang mandiri secara fungsional:

  • unit input memori,
  • aritmatika dan logika,
  • output, dan
  • kontrol,

Unit input menerima informasi terkode dari operator manusia, dari peralatan elektromekanik seperti keyboard, atau dari komputer lain melalui jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima disimpan dalam memori komputer untuk referensi selanjutnya atau segera digunakan oleh sirkuit aritmatika dan logika untuk melakukan operasi yang diinginkan. Langkah pengolahan ditentukan oleh program yang tersimpan dalam memori. Akhirnya, hasil
dikirim kembali ke dunia luar melalui unit output.
Semua langkah ini dikoordinasikan oleh unit kontrol. Tidak menampilkan koneksi di antara unit fungsional. Koneksi tersebut, yang dapat dibuat dengan beberapa cara, dibahas secara menyeluruh di dalam modul ini. Kita mengacu pada sirkuit aritmatika dan logika, dalam hubungannya dengan sirkuit kontrol utama, yaitu prosesor dan peralatan input dan output yang seringkali secara kolektif disebut sebagai unit input- output (I/O). Sekarang kita mengamati lebih detil informasi yang ditangani oleh suatukomputer.
Sangat memudahkan untuk mengkategorikan informasi ini baik sebagai instruksi atau data.
Instruksi, atau instruksi mesin, adalah perintah eksplisit yang
Mengarahkan transfer informasi dalam komputer dan antarkomputer dan peralatan I/O­nya
Menetapkan operasi aritmatika dan logika yang akan dilaksanakan
Unit fungsional dasar suatu komputer. Daftar instruksi yang melakukan suatu tugas disebut program. Biasanya program tersebut disimpan dalam memori. Prosesor kemudian mengambil instruksi yang membentuk suatu program dari memori, satu demi satu, dan melaksanakan operasi yang diinginkan. Komputer sepenuhnya dikontrol oleh program yang tersimpan tersebut, kecuali adanya kemungkinan interupsi eksternal oleh operator atau oleh peralatan I/O yang terhubung ke mesin tersebut. Data adalah angka dan karakter ter­encode yang digunakan sebagai
operand oleh instruksi. Akan tetapi istilah data, sering digunakan untuk menyebut informasi digital apapun. Dalam definisi data tersebut, seluruh program (yaitu daftar instruksi) dapat dianggap sebagai data jika akan diolah oleh program lain.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *