Tipe Komputer

Tipe Komputer

Marilah pertama­tama kita mendefinisikan istilah komputer digital, atau cukup disebut komputer.
Dalam istilah yang paling sederhana, suatu komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil.
Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internal nya disebut memori komputer. Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam hal ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan. Komputer yang paling umum adalah personal computer, yang banyak digunakan di rumah­rumah, sekolah­sekolah, dan kantor­kantor bisnis. Personal computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop.
Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah di meja rumah dan kantor. Media penyimpanan tersebut termasuk harddisk,
CD­ROM, dan disket. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personalcomputer dengan semua komponen­nya terpaket dalam unit tunggal seukuran kopertipis.

Workstation dengan kemampuan input/output grafts resolusi tinggi

sekalipunmasih tetap memakai dimensi komputer desktop, namun memiliki daya komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer. Workstation seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan desain interaktif. Di atas workstation, terdapat suatu rentang sistem komputer yang luas dan sangat kuat yang di sebut sistem enterprise dan server pada rentang low­end, dan superkomputer pada high­end.

Sistem enterprise, atau mainframe

digunakan untuk pengolahan data bisnis pada korporasi menengah hingga besar yang memerlukan lebih banyak daya komputasi dan kapasitas penyimpanan dari yang dapat disediakan oleh workstation. Server berisi unit penyimpanan basis data yang cukup besar dan mampu menangani banyak volume permintaan untuk mengakses data. Pada banyak kasus, server dapat diakses secara luas oleh komunitas pendidikan, bisnis, dan pengguna personal.
Permintaan dan respons biasanya ditransportasikan melalui fasilitas komunikasi Internet. Tentu saja, Internet dan server yang berhubungan dengannya telah menjadi sumber segala tipe informasi yang dominan di seluruh dunia. Fasilitas komunikasi Internet terdiri dari suatu struktur kompleks hubungan backbone serat optik kecepatan tinggi yang terinterkoneksi dengan kabel broadcast dan koneksi telepon ke sekolah, perusahaan, dan rumahrumah. Supercomputer digunakan untuk perhitungan numerik skala besar seperti perkiraan cuaca dan desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprise, server, dan superkomputer, unit fungsionalnya, yang meliputi banyak prosesor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan seringkali terpisah.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *