Kabel RJ45

Nah kita akan mengenal perkabelan RJ45 , Disini Kita akan mengetahui Pengertian RJ45 , fungsi  dan kelebihan maupun kekurangan nya dan bentuk kabel RJ45

Pengertian RJ45

RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya.
RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Juga merupakan suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data.
Konektor ini dapat anda temukan pada ujung kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang terhubung ke transceiver.

Fungsi RJ45

Konektor RJ45 memiliki fungsi untuk memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

Kelebihan dan Kekurangan dari RJ-45

Kelebihan RJ-45

  1. Harga yang murah
  2. Lebih mudah digunakan
  3. Fleksibel karena tidak terdapat lapisan aluminium foil
  4. Memiliki diameter yang kecil berukuran sekitar (0.43 cm)
  5. Sangat mudah digunakan dalam proses instalasi
  6. Perawatan yang amat mudah
  7. Sangat aman digunakan
  8. Jika terdapat kerusakan pada salah satu saluran makan tidak akan berpengaruh pada yang lain terutama pada jaringan

Kekurangan RJ-45

  1. Sangat sensitif pada tekanan interferensi elektromagnet dari perangkat lain, yang di sebabkan oleh lapisan alumunium foil yang tidak terpasang
  2. Pendeknya jarak jangkauan, tidak dapat menjangkau hingga jauh, hanya dapat menghubungkan dengan jarak maksimal 100 meter.
  3. Tidak stabilnya transmisi pada data dan relatif lambat.(Dika)

Type RJ-45

RJ mempunyai banyak type tetapi type yang sering di pakai dan digunakan yaitu RJ11 dan RJ45, standar yang ada pada RJ meliputi RJ11, RJ14, RJ25, RJ45, RJ48 dan lain – lain. Tidak semua konektor yang dapat dipakai untuk instalasi RJ, ada beberapa konektor yang dipakai untuk bisa menginstal RJ ini diantaranya yaitu konektor modular dan konektor 50-pin. Contoh RJ-11 menggunakan memakai konektor dua konduktor dan dua posisi dan RJ-14 menggunakan Jack modular enam dengan posisi empat konduktor ( 6P4C ), sedangkan pada RJ-21 hanya menggunakan konektor pita miniatur 25-pasang ( 50-pin ).
25261662_c98bdada-4af7-4dd0-b2a9-2b63846c08aa
 
Enjoyyy….

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *