Driver Komputer

Pengertian

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.
penjelasan mudah nya: karena setiap alat digunakan dengan cara yang berbeda,driver di dungia nyata  seperti buku manual yang berisi panduan bagaimana suatu alat digunakan dan harus dipelajari oleh otak manusia agar bisa menggunakan alat tersebut. sekali lagi manusia bisa belajar sendiri,sedangkan komputer tidak jadi agar sistem operasi bisa mengontrol alat yang baru dipasang ke komputer(seperti printer,scanner,VGA,mouse,keyboard) harus diinstall driver driver terlebih dahulu. untuk perangkat umum seperti mouse dan keyboard telah disertakan driver di dalam sistem operasi sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual. dan untuk perangkat khusus seperti VGA printer dll, biasanya kita harus menginstal manual driver tersebut yang bisa kita download di website resmi vendor.

Fungsi Driver komputer

Fungsi utama driver komputer adalah menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware  dengan sistem operasi atau aplikasi. Pembuat aplikasi dapat mengontrol hardware dengan mudah  cukup dengan mengimplementasikan API(Application programming interface) yang disediakan driver dengan  bahasa program yang lebih tinggi .
sebagai contoh : ketika program komputer dengan bahasa tinggi (High Level Language proggramming) untuk mengontrol sebuah serial port maka cukup dengan menggunakan fungsi “Send data” untuk mengirim informasi dan “Receive Data” untuk menerima informasi.ini sangat berbeda dengan bahasa/command yang sesungguhnya digunakan oleh serial port tersebut

Contoh Driver Komputer

Ketika kamu memasang  webcam,printer ,VGA ,mouse,keyboard,flashdisk ,soudhcard dll komputer memerlukan driver agar perangkat keras tersebut dapat digunakan. khusus untuk perangkat general seperti mouse,keyboard dan flashdisk sistem operasi sidah menyediakan drivernya secara default jadi kita tidak perlu installs ecara manual.  dan u ntuk perangkat khusus seperti fingerprint scanner,webcam,printer kita harus menginstall driver secara manual. driver biasanya disertakan dalam paket pembelian perangkat keras tersebut. biasanya berupa kepingan CD/DVD jika tidak ada bisa didownload di website resmi pembuat perangkat keras tersebut.

Cara menginstall Driver

Untuk menginstall driver caranya sama dengan menginstall aplikasi lain. khusus jika driver ada dalam kepingan CD/DVD caranya cukup mudah tinggal ikuti saja petunjuk yang ada ketika aplikasi berjalan otomatis ketika CD/DVD dimasukan ke komputer. setiap tampilan untuk menu install driver berbeda-beda karena disesuaikan dengan fungsi dari perangkat tersebut. jadi ketika nginstall driver wajib hukum nya mmbaca panduan sebelum ngeklik next /install

Jenis Komponen Driver

Driver dibagi berdasar kegunaannya yaitu:

  1. Driver audio (Sound Card) : Komponen yang berhubungan dengan audio atau suara
  2. Driver Bios : Komponen yang berhubungan dengan motherboard
  3. Driver Chipset : Komponen yang berhubungan dengan komponen chip pada motherboard
  4. Driver Graphics (VGA) : Komponen yang berhubungan dengan visual atau tampilan pada monitor
  5. Driver Keyboard : Komponen yang berhubungan dengan keyboard
  6. Driver Mouse : Komponen yang berhubungan dengan mouse
  7. Driver Storage : Komponen yang berhubungan dengan alat penyimpan data
  8. Driver Webcam : Komponen yang berhubungan dengan kamera
  9. Driver Network : Komponen yang berhubungan dengan jaringan

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *