Command Prompt

Command Prompt

Command Prompt (executable cmd.exe) adalah command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS / 2, Windows CE dan pada sistem operasi Windows NT-based
Ini adalah analog COMMAND.COM dalam MS-DOS dan Windows 9x (di mana hal itu disebut MS-DOS Prompt), sistem, atau Unix Shell digunakan pada sistem Unix-like.
 
Therese Stowell mengembangkan versi awal cmd.exe untuk Windows NT. Walaupun beberapa perintah DOS tidak didukung atau sudah diubah (misalnya fungsi deltree digabung kedalam rd dalam bentuk parameter / s ), cmd.
 
exe masih memiliki lebih banyak perintah built-in.Versi cmd.exe pada OS/2 dan Windows NT memiliki pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan “Bad command or file name” Perintah Bantuan kemudian dapat dikeluarkan dengan pesan nomor kesalahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
cmd.exe tetap menjadi bagian dari Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7.
Pengertian Command Prompt
     Command Prompt atau DOS prompt adalah sebuah command line pada sebuah OS (Operating System) berbasis GUI untuk mengesekusi file dengan cara menuliskan perintahnya pada jendela cmd. Atau singkatnya Command Prompt ini adalah sistem operasi berbasis baris perintah karena sebenarnya Command Prompt atau DOS prompt
 
Untuk membuka Command Prompt di Windows kita harus memanggil executable cmd.exe, dengan cara :

  • Klik Start > Run > ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) > ENTER

atau dengan perintah yang lebih cepat :

  • Tekan di keyboard lambang Windows di ikuti dengan R, lalu ketik cmd, ENTER

Dos prompt ini sangat berguna dalam penggunaan sebagai aplikasi tambahan dengan otorisasi yang lebih banyak dan kompleks dibanding dengan sistem operasi berbasis GUI (Grafik User Interface).

  1. Fungsi Command Prompt

    Adapun beberapa fungsi dari Command Prompt di windows adalah sebagai berikut :

  • Meng-handle beberapa masalah saat versi GUI (Grafik User Interface) pada Windows kita bermasalah diakibatkan virus. Seperti hilangnya folder options pada explorer, task manager yang di-disable
  • Selain lebih cepat cmd ini juga lebih ringan dibanding dengan explorer saat melakukan perintah masuk pada direktori tertentu, atau mencari file tertentu.
  • Kegunaan lain dari Command Prompt ini adalah untuk membiasakan menggunakan command line pada cmd agar nantinya terbiasa dengan server core yang menggunakan OS berbasis text.

 

Kelebihan terminal / shell

1. Kebanyakan konfigurasi sistem dapat dilakukan dari shell command.
2. Terminal memberikan fleksibilitas terutama ketikan bekerja dengan banyak file.
3. Untuk melakukan tindakan terhadap penyelamatan sebuah data atau recovery terhadap sistem dan maintenance sistem dapat dilakukan lewat shell command / terminal.
4. Salah satu ‘keunggulan’ Linux dibanding Windows adalah adanya konsol atau terminal. Dengan konsol atau terminal kita dapat berkomunikasi langsung dengan sistem operasi sehingga lebih cepat dan praktis
Kekurangan terminal / shell
Harus memahami perintah-perintah yang ada diterminal jika ingin menggunakannya.
aplikasi ini bisa disalahgunakan oleh seorang cracker untuk menjalankan aksi-aksinya hanya dengan menggunakan terminal.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *