Konfigurasi Perangkat Pasif Jaringan Fiber Optic

Fiber Optik

 
Serat optik adalah merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer.
Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit.Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat di dalamnya.

TEKNOLOGI JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN)

Teknologi Jaringan Fiber Optik Teknologi jarlokaf adalah teknologi yang sedang berkembang. berbagai metode transmisi dimungkinkan untuk diterapkan namun jumlah implementasinya masih relatif terbatas di lapangan. Teknologi jarlokaf yang merupakan teknologi yang telah dikenal di dunia, yang dibahas dalam teori penunjang ini antara lain:

A. DLC (Digital Loop Carrier)

Teknologi DLC merupakan hasil teknologi PCM-30 pada sistem jaringan pelanggan. Teknologi ini memiliki dua perangkat utama yaitu di sisi sentral (CT) dan di sisi pelanggan (RT), DLC merupakan perangkat yang memultiplexing sinyal keluaran dari sentral dengan kecepatan 64 kbps menjadi sinyal dengan kecepatan 2 Mbps di sisi pelanggan. Jika dibentuk jaringan lokal tersendiri maka diperlukan dua DLC yang identik yaitu di bagian sisi sentral dan sisi pelanggan

Konfigurasi DLC terdiri dari:

1. Pada sisi sentral (Exchange DLC Unit) terdiri dari sebagai berikut:

A.Perangkat DLC mengandung konverter analog ke digital dan orde pertama multiplexer (PM).

B.Multiplexer orde tinggi (HOM)

menyediakan antarmuka di sisi sentral yang berfungsi untuk multiplexing sinyal keluaran dari perangkat DLC (2 Mbps) dan mengubah sinyal clektrik menjadi sinyal optik.
 

2. Pada sisi pelanggan (Remote DLC Unit)

terdiri dari: Perangkat DLC mengandung konverter analog ke digital dan orde pertama multiplexer (PM). Multiplexer orde tinggi (HOM) menyediakan antarmuka di sisi pelanggan yang berfungsi mengubah sinyal optik menjadi sinyal elektrik oleh OLTE dan melakukan demultiplexing ke sinyal 2 Mbps. Antara RT-DLC ke pelanggan dihubungkan melalui kabel tembaga. Jarak antara CT DLC ke RT-DLC adalah sampai 30 km untuk daya sedang.
Untuk daya rendah 10 km dan untuk daya Sistem DLC bisa digunakan untuk konfigurasi star karena memiliki hubungan kabel fiber optic dari sisi sentral ke sisi pelanggan sebagai hubungan ke setiap titik. Namun DLC dapat digunakan juga dengan konfigurasi ring, dengan menggunakan transmisi tinggi 60 km.
Sistem DLC bisa digunakan untuk konfigurasi star karena memiliki hubungan kabel fiber optic dari sisi sentral sisi pelanggan sebagai hubungan ke setiap titik namun DLC dapat digunakan juga dengan konfigurasi ring. Dengan menggunakan transmisi SDH.
Fungsi bagian Penyusun DLC (mengacu PPJT-KAF ver 1.0 adalah sebagai berikut:

A. Jarlokaf dengan topologi point-to-point (Single star).

B. Terdiri dari dua perangkat utama: CT (Central Terminal) di sisi sentral, dan RT (Remote terminal) di sisi pelanggan.
C. Fungsi CT adalah Interfacing Dengan Sentral Lokal Multiplexer Demultiplexer Crossconnect Dan Controler Interfacing Dengan ODN (E/O Converter /OLTE)
D. Fungsi RT adalah: Interfacing dengan ODN Converter (E/O Multiplexer/Demultiplexer Interfacing dengan pelanggan.
E. DLC pada umumnya digunakan untuk pelanggan yang terkonsentrasi atau untuk gedung bertingkat (high rise building)
B. BPON (Passive Optical Network)
PON adalah bentuk khusus dari FTTC atau FTTH yang mengandung perangkat optik pasif dalam jaringan distribusi optik. Perangkat optik pasif yang dipakai adalah konektor, passive splitter dan kabel optik itu sendiri. Dengan passive splitter kabel optik dapat dipecah menjadi beberapa kabel optik lagi, dengan kualitas informasi yang sama tanpa adanya fungsi addressing dan filtering.
Dalam PON terdapat tiga komponen utama yaitu Optical Line Terminal (OLT), Optical Distribution Network (ODN) dan Optical Network Unit (ONU). Keluaran dari OLT ditransmisikan melalui ODN yang menyediakan alat alat tramsmisi optik mulai dari OLT sampai pelanggan. ONU menyediakan interface pada sisi pelanggan dari Distribution Point (DS) dan dihubungkan dengan ODN.

Teknologi PON

pada dasarnya adalah teknologi untuk hubungan point to multipoint, dan topologi ini sesuai untuk melayani kelompok pelanggan yang letaknya terpisah, dengan hanya menambah perangkat ONU di lokasi pelanggan. Metode akses yang digunakan pada PON salah satunya adalah TDM/ TDMA (Time Division Multiplexing Time Division Multiplexing Access). Pada arah downstream, sinyal TDM dari OLT memuat semua informasi pelanggan dalam slot yang ditentukan dan disebarkan ke semua ONU yang terhubung oleh OLT.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *