Fungsi & Format warna Desain Grafis

Pemahaman Mengenai Warna

Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan.Secara obyektif atau fisik, warna dapat terlihat karena panjang gelombangnya sesuai dengan spektrum cahaya yang dapat ditangkap mata kita. Dilihat dari panjang gelombangnya, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik. Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780nanometer.
Proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda,dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna.
Secara umum warna merupakan bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Warnajuga masuk kedalam bagian dari elemen Seni. Dalam Seni warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain.Warna memerankan dirinya sebagai ”warna”, yang mempunyai fungsi dalam membentuk sebuah keindahan.
Selain itu dengan adanya warna kita dimudahkan dalam melihat dan mengenali suatu benda. Warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya aspek keindahan saja namun sebagai elemen yang membentuk perbedaan antara obyek satu dengan obyek lain.
Warna juga mampu menggambarkan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput; dan biru untuk laut, langit. Warna dalam hal ini lebih mengacu pada sifat-sifat alami dari obyek tertentu misalnya padat, cair, jauh, dekat dll.
Warna menempatkan dirinya sebagai bagian dari simbol. Warna merupakan lambang atau sebagai perlambang sebuah tradisi atau pola tertentu. Selain itu Warna juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi, sebagai contoh dapat kita lihat dari obyek-obyek seperti bendera, logo perusahaan, fashion, dll.
Warna obyek pengganti bahasa formal dalam mengkomunikasikan sesuatu misalnya: merah berarti berani dan putih berarti suci.

MENGENAL SISTEM WARNA

Terdapat beberapa sistem warna yang ada di dunia. Beberapa diantaranya adalah sbb:
Prang Color System (oleh Louis Prang -1876)
Munsell Color System
Ostwald Color System
Schopenhauer/Goethe Weighted Color System
Substractive Color System
CMYK atau Process Color System Yang akan dibahas dalam materi DDG
Additive Color/RGB Color System
 
CMYK Color System/ Process Color System
CMYK Cyan-Magenta-Yellow-Black .
Sistem warna CMYK Biasanya juga seringdisebut sebagai warna proses atau empatwarna.
CMYK adalah sebuah model warnaberbasis pengurangan sebagiangelombang cahaya (substractive colormodel) yang umum dipergunakan dalampencetakan berwarna.
Jadi untuk memproduksi gambar agar dapatdicapai hasil yang relatif sempurnadibutuhkan sedikitnya 4 tinta yaitu: Cyan,Magenta, Yellow dan Black.
RGB Color System/ Additive Color System
Warna additive adalah warna yang berasal dari cahaya yang disebut spektrum.
Terdiri dari : warna red (merah), green(hijau) dan blue (biru).
Pencampuran ketiga warna primer denganjumlah yang sama akan menghasilkan warna putih.
Kombinasi antara dua warna primer akan menghasilkan warna sekunder. warna RGB sangat baik digunakan untuk presentasi visual di monitor Bagi para Web / Game desainer, Seseorang yang sering presentasi warna RGB lah yang paling sering digunakan

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *