Tips Belajar Pemrograman secara Mandiri

Tips Belajar Pemrograman secara Mandiri

Nah walaupun kalian sendirian saat ini Bukan penghalang kalian untuk belajar pemograman , banyak lho manfaat dari belajar sendiri selain membuat kita menjadi lebih fokus belajar secara mandiri ini juga membuat pemikiran kita bekerja lebih keras , karna keinginantahuan kita sendiri . Kuy disimak 🙂

1. Menentukan Bahasa Pemrograman Yang Akan Dipelajari

Anda dapat melihat apa bahasa pemrograman apa saja yang paling cocok untuk dipelajari.Sesuaikan bahasa pemrograman yang akan dipelajari dengan kemampuan yang kita miliki. Tidak lupa pula setelah kalian menguasai bahasa pemograman itu baru lanjutkan ke bahasa pemograman lainnya . Kalian juga harus sering – sering melatih pemahaman kalian seperti kalian bisa ikut tes atau mencobanya terus menerus .

2.Buat Jadwal Belajar Pemrograman Secara teratur

Nah disini kalian juga harus kosisten nih , untuk mengatur jam-jam kalian belajar . Dengan seperti ini lama-kelamaan kalian juga bisa kebiasaan dalam mengatur jam kalian menjadi lebih baik .

3.Perbanyak Praktek

Jangan terlalu fokus dimateri nya saja kalian juga harus mempraktekan nya , dengan cara seperti ini kalian tidak akan merasa binggung cara mempraktekan . Rumus dalam pemograman adalah kita cukup menulis dan membaca saja .kenapa ? karena dengan cara menulis , kita bisa membuat kode kita sendiri dan dengan membaca kita bisa paham walaupun kode orang lain . karena programmer tidak perlu banyak bicara , yang dibutuhkan nya itu keahliannya dalam membuat program bukan keahliannya dalam omong kosong

4.Jangan Copy-Paste

Jangan selalu terpaku di tutorial aja , kalian juga harus kembangkan ide kalian dalam belajar . biar otak lebih mudah untuk menyerapnya dan kreativitas juga meningkat .

5.Coba Perbaiki Sendiri

Nah setiap kalian lagi ngoding pasti saja ada kesalahan disini kalian harus mencari tau sendiri kesalahan kalian , jadi ini juga meningkatkan ketelitian kalian pas membuat program . cukup mencoba sesuatu untuk memperbaiki masalah yang ada

6. Sedikit-sedikit Lama-lama Jadi Bukit

Kalian juga harus ada Tahapan walaupun coding kalian masih yang sederhana kalian juga harus menyimpanya karena pas salah kalian bisa kembali ke belakang untuk melihat nya . Disini sikap konsisten juga sangat diperlukan cukup mulai dari hal kecil secara konsisten maka kalian dapat mengerti lebih banyak materi yang kalian pelajari .

7. Istirahat

Nah ini yang perlu kalian perhatikan kesehatan juga harus dijaga .Setidaknya Anda perlu mengistirahatkan tubuh Anda selama 8 jam per hari dikarenakan otak anda perlu fresh untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan belajar apapun itu.Termasuk kegiatan belajar pemrograman. Karena, jika otak Anda tidak fresh pada saat belajar pemrograman, Anda tidak akan fokus untuk mempelajari materi yang sudah Anda temukan.

8.Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman

Ketika Kamu bergabung di forum atau grup pemrograman.  Kamu akan melihat ada banyak orang hebat yang bisa Kamu tiru dan teladani dari segi programmingnya. Bahkan nggak jarang, mereka pun sering memberikan informasi-informasi penting yang mungkin bermanfaat buat Kamu. Dan ketika Kamu terlibat dalam sebuah forum, Kamu pun bisa membantu rekan-rekan yang lain yang mungkin bisa Kamu bantu.

9.Belajar Skill Dasar atau Fundamental

Carilah library atau framework yang tidak hanya bagus untuk dipelajari. tetapi juga mampu mengasah skill fundamental kita. Disini otak kita juga bisa terasah

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *