Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain.Nah Selain itu kita juga harus tau beberapa point mengenai telekomunikasi , Semoga Bermanfaat ūüėÄ

Telekomunikasi

Telekomunikasi terdiri dari dua kata. ‚ÄúTele‚ÄĚ dan ‚Äúkomunikasi‚ÄĚ. ‚ÄúTele‚ÄĚ artinya jauh dan ‚Äúkomunikasi‚ÄĚ artinya berhubungan atau saling tukar informasi antar dua pihak. Nah¬† telekomunikasi bisa diartikan pertukaran informasi antar dua pihak, pihak pengirim & pihak penerima, dimana terdapat jarak di antara keduanya.¬†

Dalam kaitannya dengan “telekomunikasi” bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:

  1. Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, televisi, dan radio.
  2. Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi bisa menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VOIP.
  3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Sejarah singkat

Perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi berkembang seiring dengan waktu dan kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Dalam perkembangannya, jaringan telekomunikasi yang pertama kali digunakan adalah jaringan telekomunikasi 1G yang dikembangkan tahun 1973. 1G adalah generasi awal teknologi telepon seluler untuk komunikas suara yang berbasis teknologi radio panggil. Selanjutnya  teknologi jaringan 2G yang berkembang pada tahun 1990-an. Dalam teknologi 2G, jaringan  dibuat untuk komunikasi suara lebih dikembangkan. Di era ini pula, teknologi suara digital pertama (GSM dan CDMA) mulai berkembang. Kemudian pada tahun 1998, teknologi jaringan 3G berkembang di dunia. Pada teknologi 3G jaringan dengan layanan suara dan data mulai dikembangkan bersamaan dengan akses internet pita lebar. Nah selanjutnya pada tahun 2006, teknologi 4G mulai dikembangkan. Teknologi ini menyediakan jaringan pita ultra lebar berstandar WiMAX dan LTE.

Jaringan telekomunikasi terdiri atas dari tiga bagian utama, yaitu :

1. Perangkat transmisi

Perangkat transmisi bertugas menyampaikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik dekat, maupun jauh). Media transmisinya dapat berupa kabel, serat optik maupun udara, tergantung jarak dari tempat-tempat yang dihubungkan serta tergantung pada beberapa banyak tempat yang saling dihubungkan.

2. Perangkat penyambungan (switching)

Perangkat penyambungan bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain sesuai seperti yang diinginkannya. Perangkat penyambungan disebut masih menggunakan sistem manual bila diperlukan seorang operator yang bertugas menyambungkan pemakai dengan pemakai lain yang diingininya.

3. Terminal

Terminal adalah peralatan yang bertugas mengubah sinyal informasi asli  menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.Ini diperlukan karena perangkat transmisi yang mampu menyampaikan informasi tersebut dari satu tempat ketempat yang lain yang umumnya tidak dekat dalam waktu cepat, memang mempersyaratkan agar sinyal informasi diubah menjadi sinyal listrik (untuk dilewatkan kabel) atau menjadi sinyal elektromagnetik (untuk dilewatkan udara) atau menjadi sinyal cahaya (untuk dilewatkan serat optik).

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia adalah:

 

  • ¬†Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat
  • ¬†Memudahkan akses informasi
  • ¬†Mempersingkat waktu dan memangkas biaya
  • ¬†Proses perdagangan dilakukan secara elektronik
  • ¬†Transaksi secara daring
  • ¬†Membuat proses komunikasi pembelajaran menjadi semakin menarik
  • ¬†Membantu proses komunikasi pemerintahan
  • ¬†Komunikasi tanpa batas
  • ¬†Berbagi informasi secara efektif
  • ¬†Membuka peluang untuk dapat bekerja secara daring
  • ¬†Memangkas biaya komunikasi
  • ¬†Terciptanya beragam alat berteknologi modern
  • Lingkungan lebih terjaga

 

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *