Sofware Computer

Pengertian Software

Pengertian software menurut bahasa adalah perangkat lunak yang ada pada komputer. Sedangkan pengertian software menurut istilah adalah kumpulan perintah yang digunakan di dalam komputer yang berguna untuk mempermudah hubungan komunikasi antara komputer dengan penggunanya. Di dalam software ini terdapat bermacam-macam perintah yang sudah terprogram dan bisa digunakan oleh pengguna komputer dengan leluasa. Misalnya saja perintah save untuk menyimpan, perintah copy untuk menyalin, perintah paste untuk menempel, dan juga perintah-perintah lainnya yang berbeda antara software komputer satu dengan software komputer yang lain.
Tampilan perintah juga berbeda antara software yang satu dengan yang lain. Ada software komputer yang menampilkan perintah berupa tampilan teks, tetapi ada juga software komputer yang menampilkan perintah berupa tampilan gambar. Masing-masing perintah tersebut tentu saja berisi perintah yang sama. Dengan adanya perintah-perintah ini, pengguna komputer bisa dengan mudah melakukan apa yang menjadi keinginannya.
 

Penggunaan Software

Semua software komputer bisa digunakan sesuai dengan perintah dari penggunanya. Karena itu kehebatan suatu software tergantung dari penggunanya. Jika seorang pengguna mempunyai keahlian yang tinggi dalam menggunakan suatu software, maka pekerjaan yang dihasilkannya tentu saja akan mempunyai kualitas yang tinggi juga. Lain halnya jika seorang pengguna kurang memiliki kemampuan dalam menggunakan software, maka tentu saja hasil pekerjaan yang digunakannya tentu saja akan berkualitas kurang bagus.
Kita bisa menggunakan software komputer sesuka hati kita tanpa perlu takut akan merusakkan software. Karena software tidak akan rusak ketika digunakan asalkan tidak menghapus program-program yang ada di dalam software. Hal tersebut memungkinkan kita untuk mempelajari software secara otodidak.
Saat belajar menggunakan software komputer, cobalah semua fasilitas yang disediakan oleh software komputer yang kita pakai  agar kita mengetahui fungsi dari masing-masing fasilitas yang ada di dalam software komputer yang sedang kita pelajari. Hal tersebut akan membantu kita lebih cepat memahami penggunaan suatu software komputer.

Prosedur Langkah-Langkah Instalasi Software

  1. Pastikan software yang akan anda install ada.
  2. Siapkan PC atau Notebook yang akan diinstalkan sebuah software.
  3. Pastikan juga anda mengetahui dan memiliki pngetahuan cara cara menginstal sebuah software.
  4. Jika 3 langkah diatas sudah OK, maka anda sudah siap untuk melakukan instalasi sebuah software.

Jenis-Jenis Software

Software adalah Program yang berisi instruksi/ perintah untuk melakukan pengolahan data dan membantu tugas yang diingkan penggunanya.
Berdasarkan kegunaannya, software komputer terbagi dalam 4 (empat) jenis:

  • » Software System (Sistem Operasi), contohnya: Mirsosoft Windows, UNIX, Linux, dan Mac OS.
  • » Sofware Bahasa (Bahasa Pemrograman) contohnya: HTML, PHP, Bahasa C, Visual Basic, Delphi, dll.
  • » Software Application ( Program Apliaksi) contohnya: Ms. Word, Ms. Excel, Adobe Photoshop,
    Adobe Dreamweaver, dll.
  • » Software Utility (Program Bantu) contohnya: Kaspersky Antivirus, Windows Media Player, FLV Player, dll.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *