Fiber Optic

Fiber Optic

Kabel fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang dibuat dengan teknologi canggih masakini. Yang mana sebagian besar bahan daasarnya terbautdari serat kaca. Kabel jaringan fiber optik adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan srebaagi media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentinga perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer.

Cara Pembuatan kabel Fiber Optik.

Proses pembuatan kabel fiber optik ini disebut modified chemical vapor deposition (MCVD), dimana silikon dan germanium bereaksi dengan oksigen menjadi SiO2 dan GeO2 yang kemudian menyatu dan membentuk kaca. Butuh waktu hingga beberapa jam untuk melakukan proses ini, namun semuanya dilakukan secara otomatis dengan menggunakan alat berteknologi canggih.

Cara kabel Fiber Optik Mentransmisikan Data.

Kabel jaringan fiber optik memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan kabel jaringan lainnya seperti kabel Coaxial ataupun kabel Twisted Pair. Pasalnya kabel jaringan fiber optik bukan mentransmisikan sinyal listrik seperti kabel kabel jaringan lainnya melainkan mentransmisikan cahaya dan cara mengkonvensi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Dengan begitu maka kabel jaringa yang satu ini punya keunggulan dalam hal mengurangi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik, sehingga sangat ideal untuk digunakan pada kawasan yang dikelilingi gelombang frekuensi cukup tinggi.

Tipe Tipe kabel Fiber Optik.

1, Single Mode
jenis fiber optik yang memiliki fiber tunggal dengan diameter antara 8.3 – 10 mikron yang mempunyai transmisi satu mode.Singlemode dengan garis tengah (diameter) sempit hanya dapat menyebarkan antara 1310 -1550 nano meter.
2. Grudeindexmultimode
Berisi sebuah Core dimana refraksi indeks mengurangi secara perlahan pada poros nya dibandingkan cahaya yang lebih dekat dengan cladding.
3. Step-index multimode
berisi sebuah core besar dengan diameter lebih dari 100 mikron.

Kelebihan Kabel Fiber Optik.

a. Kabel jaringan fiber optik dapat beroperasi dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa informasi atau data
b. Bandwith kabel jaringan fiber optik tak perlu diragukan lagi karena mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar (bisa tembus 1 gigabit per detik).
c. Kabel jaringan fiber optik dapat mengirim sinyal lebih jauh dibanding kabel jaringanjenis lainnya, bahkan tanpa memerlukan perangkat penguat sinyal seperti repeater atau lainnya.
d. Material yang dipakai untuk membuat kabel jaringan fiber optik memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembapan udara dan cahaya (panas).
e. Kemampuan kabel jaringan fiber optik yang tahan lama dan tidak gampang rusak membuatnya jadi lebih efisien dibanding kabel jaringan lainnya
f. Tak berbeda jauh dengan kabel jaringan STP, kabel jaringan fiber optik juga kuat terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel
g. Kabel jaringan fiber optik terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat menjadi opsi untuk menyesuaikan dengan lokasi instalasinya.
h. Karena bukan mengirim sinyal listrik melainkan gelombang cahaya, kabel jaringan fiber optik mampu mengatasi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik.
i. Diameter kabel jaringan fiber optik yang relatif kecil dan tipis,
j. Berbeda dengan kabel jaringan lainnya yang berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting atau kebakaran, khusus pada kabel fiber optik hal itu tidak akan terjadi karena menggunakan bahan dasar serat kaca yang aman dan tidak terbakar karena: tidak mengalirkan listrik.
k. Berbeda dengan kabel jaringan UTP dan STP yang masih menimbulkan kemungkinkan terjadinya penyadapan, hal ini tidak berlaku pada kabel jaringan fiber optik karena dapat meneruskan data tanpa ada distorsi atau gangguan.

Kekurangan Kabel Fiber Optik.

a. Harga kabel jaringan fiber optik masih terlalu mahal, terutama jika dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya seperti kabel UTP yang terkenal murah meriah.
b. Dalam proses instalasi ksbel jaringan fiber optik diperlukan beberapa alat khusus berupa perangkat elektronik yang untuk saat ini memang masih sangat mahal.
c. Dalam proses pengiriman sinyal, karena harus dilakukan perubahan sinyal listrilk ke sinyal optik terlebih dahulu maka kabel jaringan fiber optik menurut adanyasumber cahaya yang kuat untuk melakukan pensinyalan seperti alat pembangkit listrik eksternal.d. Jika rusak, perbaikan instalasi kabel jaringan fiber optik yang kompleks memerlukan tenaga yang ahli di bidang ini.
e. Kabel jaringan fiber optik ditakutkan bisa menyerap hidrogen sehingga dapat menyebabkan loss data.
f. Mengingat kabel jaringan fiber optik menggunakan gelombang cahaya untuk mentransmisikan data, maka kabel jaringan jenis ini tidak dapat diinstal dalam jalur yang berbelok secara tajam atau menyudut

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *