Cara Menjadi Developer

Nah sudah tau belum Developer , Developer adalah seseorang yang bertugas membangun sistem , yang merancang arsitektur, mengimplimentasikan dan mengembangkkan( development )sistem untuk ,masa yang mendatang.  Kalian juga dapat banyak nih keuntungan menjadi developer  .Banyak bahasa pemrograman yang harus dipelajari seseorang jika ingin menjadi web developer, mulai front-end ataupun back-end developer. Agar menjadi seorang web developer, jalannya sangatlah panjang. Disini saya akan memberitahu apa saja yang perlu kalian tau dan hal hal yang harus diperhatikan untuk menjadi development .

  • Mengetahui tentang Frontend ,Backend dan  Fullstack

Frontend web developer merupakan orang  yang mendesain dan membangun antarmuka web. Apa yang kita lihat disebuah halaman web adalah buah kerja dari seorang frontend web developer.
Backend web developer merupakan kebalikan dari frontend web developer, adalah orang yang membuat teks yang kita masukkan di layar chat dapat terkirim ke akun tujuan, menyimpan data akun biodata dan sebagainya .
Fullstack web developer merupakan orang yang memiliki keahlian untuk mengerjakan apa yang frontend dan backend web developer dapat lakukan.

  • Mengetahui Mengenai Backend Web Developer

Seindah apapun sebuah halaman web, apabila tidak berfungsi maka akan percuma. Backend berkewajiban untuk melakukan perhitungan, memproses form pendaftaran, menyimpan data pengguna, dan lain sebagainya. Kode penyusun backend berjalan diserver, komputer khusus yang didesain untuk melayani permintaan pengguna.

  • Ada banyak teknologi backend yang dapat kita gunakan seperti PHP, Python, Node.js dan beberapa bahasa lainnya.

PHP
PHP Hypertext Preprocessor (PHP) merupakan teknologi yang paling populer untuk backend web. PHP digunakan oleh 82.3% website yang menggunakan teknologi backend. Sangat banyak Sumber belajar yang berlimpah dengan  bentuk buku, video tutorial yang dapat diperoleh dengan harga yang tidak mahal mampu mendorong kepopuleran PHP. Grup PHP Indonesia di facebook adalah  grup pemrograman terbesar di Indonesia.
Python
Python merupakan  general purpose programming language yang artinya Ia dapat digunakan untuk hampir semua jenis kebutuhan termasuk backend programming. Sintaks yang relatif mudah dipelajari dan dibaca, membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang digunakan oleh kampus  Negeri Paman Sam. Kita dapat menggunakan Python murni atau menggunakan framework Python khusus untuk web seperti Django, Flask, Bottle, dkk.
Node.js
Node.js merupakan teknologi backend yang relatif baru karena pertama kali dirilis pada tahun 2009 oleh Ryan Dahl. Teknologi ini memperoleh ketenaran dengan sangat cepat karena memungkinkan semua orang untuk membuat backend menggunakan JavaScript.
Sebelum kemunculan Node.js Javascript dipercaya hanya dapat dijalankan dari sisi pengguna (frontend) saja. Sehingga, banyak orang yang memutuskan untuk menjadi frontend web developer karena tidak mau mempelajari bahasa baru untuk membangun backend. Berkat Node.js kini banyak frontend web developer yang juga membangun backend dengan Javascript.

SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan contoh teknologi penyimpanan data yang paling populer. SQL menyimpan datanya dalam bentuk tabel dan kolom dan menggunakan bahasa khusus untuk melakukan create (membuat data baru), read (membaca data), update (memperbarui data yang telah ada), dan delete (menghapus data).

Fullstack Web Developer

Untuk dapat menjadi seorang fullstack web developer kita harus menguasai teknologi frontend dan backend secara bersamaan. Hal ini tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang juga tidak sebentar. Oleh karena itu, sebelum kemunculan Node.js banyak orang yang mengkhususkan diri di salah satu bidang saja. Namun, sejak Node.js diperkenalkan banyak frontend web developer yang juga mengerjakan backendnnya karena menggunakan bahasa Javascript.
 

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *