Free Pascal

Nah kali ini kita akan mempelajari mengenai bahasa pascal !! Yuukkk Disimak

Mengenal Bahasa Pascal

Bahasa Pascal, adalah salah satu bahasa tingkat tinggi, yang menggunakan perintah-perintah sebagaimana bahasa sehari-hari. Dalam Bahasa Pascal digunakan perintah-perintah sepertiread, write, pernyataan if then, while do, repeat until, begin,end, dan sebagainya yang dimengerti oleh kebanyakan orang, sehingga menjadi bahasa Pascal mudah dipelajari, khususnya untuk mengenalkan pemrograman, melatih kemampuan algoritma dan pemecahan masalah. Bahasa Pascal pertama kali dirancang oleh Profesor “Niklaus Wirth” dari Technical Uneversity di Zurich, Switzerland pada tahun 1971.
Nama Pascal sendiri terinspirasi nama seorang matematikawan Perancis, Blaise Pascal yang pertama kali menciptakan mesin penghitung. Bahasa Pascal kala itu dikembangkan untuk memudahkan para mahasiswa dalam mempelajari pemrogaman secara sistematis.

Mengenal Tools/Framework

Pengembangan Program Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Pascal termasuk bahasa pemrogaman tingkat tinggi sehingga dibutuhkan sebuah compiler atau tools pengembang yang berfungsi menterjemahkan bahasa kedalam bahasa yang dimengerti komputer. Beberapa compilerPascal diantaranya GNU Pascal, Free Pascal, Dev Pascal dan Turbo Pascal, dan Delphi
.Dari beberapa compiler tersebut, untuk pembelajaran buku ini menggunakan FreePascal.FreePascal memiliki keunggulan yakni cocok digunakan untuk berbagai platform Sistem Operasi diantanya: DOS,Linux, Windows, FreeBSD, PalmOs dan masih banyak yang lain. Tools ini gratis (freeware) dan dapat didownload di www.freepascal.org. Selain sebagai compiler, kita bisa langsung menggunakan FreePascal sebagai editor, sehingga kita bisa membuat dan mengedit kode sekaligus mengkompilasi menjadi sebuah aplikasi. Berikut ini tampilan program FreePascal yang digunakan hingga pembahasan nanti di kelas

Installasi Free Pascal

Pernahkan kalian menginstal suatu aplikasi di komputer?Mudah, bukan? Nah sekarang mari kita melihat bagaimana cara melakukan instalasi Free Pascal. Sebelumnya download dulu program installasi Free Pascal di alamat website ressminya, www.freepascal.org. Setelah file installasi selesai didownload, lakukan langkah-langkah berikut.
Double klik pada freepascal.exe setelah itu tunggu hingga muncul tampilan seperti berikut, kemudian klik next.

  1.  Kemudian akan muncul pengaturan untuk memilih lokasi penyimpanan file installasi, secara default akan tersimpan pada folder C tapi jika ingin mengganti maka klik browse, kemudian klik next.
  2.  Memilih komponen apa saja yang akan diinstall, pilih full installation agar komponen yang terinstall lengkap, kemudian klik next.
  3.  Memilih folder untuk penempatan setup Free Pascal, untuk pengaturan default maka diletakan  di folder Free Pascal, kemudian klik next.
  4.  Memilih Additional Task atau fungsi tambahan.
  5.  Kemudian muncul kotak info bahwa aplikasi siap diinstall, kemudian klik next.
  6.  Tunggu hingga proses selesai.
  7.  Kemudian akan muncul kotak informasi terkait Free Pascal. Kemudian klik Next
  8.  Klik Finish, setelah selesai

 

Sejarah Mengenai Pascal

Pada tahun 1971, Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland, memperkenalkan bahasa pemrograman Pascal. Nama Pascal diambil dari nama seorang matematikawan Perancis, Blaise Pascal. Beliau membuat bahasa pemrograman Pascal untuk menjadi alat bantu belajar pemrograman bagi para mahasiswanya dan melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) yang memiliki instruksi-instruksi terstruktur dan sangat matematis. Pascal memiliki tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Tipe-tipe data standar yang dimiliki oleh Pascal adalah: boolean, integer, real, char, dan string. Selain tipe-tipe data tersebut, Pascal juga mendukung User defined Data Types, yaitu programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
Pada Pascal, programmer harus harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan. Beberapa pengecualian berhubungan dengan tipe data antara lain, tipe data real bisa menyimpan tipe data integer (dan menjadi data real), demikian juga tipe data string bisa menyimpan tipe data char.
Sintak pada Pascal bisa dipecah dalam bentuk prosedur dan fungsi, sehingga bisa digunakan berulang-ulang. Dengan struktur yang sederhana dan memiliki bahasa hampir mirip dengan bahasa manusia (bahasa Inggris), menjadikan Pascal mudah dipelajari dan dipahami.
Dalam bahasa pemrograman Pascal, tidak membedakan huruf kapital maupun huruf bukan kapital (not case sensitive), sehingga penulisan sintak BEGIN sama saja dengan begin ataupun Begin. Hal ini berlaku untuk semua kata cadangan (reverse word) maupun variabel.
Bahasa Pascal juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, bahasa Pascal masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
 

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

 

  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
  • User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *