Bahasa Pemograman Javascript

Nah kali ini kita belajar mengenai javascript , salah satu bahasa pemograman yang lagi populer . Jika kalian masih binggung kuy disimak !!!

JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. Bahkan JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama bagi web developer:

  • HTML: Memungkinkan Anda untuk menambahkan konten ke halaman web.
  • CSS: Menentukan layout, style, serta keselarasan halaman website.
  • JavaScript: Menyempurnakan tampilan dan sistem halaman web.

JavaScript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas website hingga mengaktifkan permainan (games) dan software berbasis web. Selain itu, terdapat ribuan template dan aplikasi JavaScript yang bisa Anda gunakan secara gratis dan semuanya ini berkat beberapa situs, seperti Github.

Sejarah JavaScript

JavaScript dibuat dan didesain selama sepuluh hari oleh Brandan Eich, seorang karyawan Netscape, pada bulan September 1995. Awalnya bahasa pemrograman ini disebut Mocha, kemudian diganti ke Mona, lalu LiveScript sebelum akhirnya resmi menyandang nama JavaScript. Versi pertama dari bahasa ini hanya terbatas di kalangan Netscape saja. Fungsionalitas yang ditawarkan pun terbatas. Namun, JavaScript terus dikembangkan oleh komunitas developer yang tak henti-hentinya mengerjakan bahasa pemrograman ini.
Pada tahun 1996, JavaScript secara resmi disebut sebagai ECMAScript, di mana ECMAScript 2 diluncurkan pada tahun 1998 dan ECMAScript 3 diperkenalkan pada tahun 1999. ECMAScript tersebut dikembangkan hingga akhirnya menjadi JavaScript sebagaimana yang kita kenal saat ini. Tak hanya lintas browser, JavaScript juga bisa digunakan di berbagai perangkat, termasuk perangkat mobile dan komputer.
Sejak saat itu, JavaScript terus bertumbuh dan berkembang. Pada akhirnya di tahun 2016, sebanyak 92% website diketahui menggunakan JavaScript. Hanya dala kurun waktu dua puluh tahun, JavaScript telah beralih dari bahasa pemrograman yang serba terbatas dan ‘primitif’ menjadi salah satu tool terpenting bagi web developer. Jika sebagian besar waktu dihabiskan untuk berselancar di internet, maka Anda pastinya sudah sangat familiar dengan JavaScript.

Fungsi JavaScript Dalam Pemograman Web

JavaScript pada awal perkembangannya berfungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu pemrosesan di web server. Sebelum javascript, setiap interaksi dari user harus diproses oleh web server.
Bayangkan ketika kita mengisi form registrasi untuk pendaftaran sebuah situs web, lalu men-klik tombol submit, menunggu sekitar 20 detik untuk website memproses isian form tersebut, dan mendapati halaman yang menyatakan bahwa terdapat kolom form yang masih belum diisi.

Kelebihan Javascript

  • Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi dan juga website, maka tentu saka javascript memiliki beberapa kelebihan dan juga keunggulan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari bahasa pemrograman JavaScript.
  • Tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil)
    Kelebihan dan keunggulan pertama dari bahasa pemrograman Javascript adalah dari hal resource memorynya. Javascript membutuhkan resource memory yang relative kecil dan ringan. Hal ini tentu saja akan sangat membantu para developer dalam mengembangkan aplikasi – aplikasi ringan, namun tetap memiliki fitur dan kegunaan yang sangat banyak bagi user.
    Karena tidak membutuhkan space besar, pastinya penggunaan RAM akan semakin simple. Selain itu, bagi user, aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript ini juga dapat dijalankan dengan lebih mudah, dan sangat pas untuk aplikasi yang digunakan sehari-hari.
  • Mudah untuk dipelajari
    Sebuah bahasa pemrograman akan banyak digunakan dan akan banyak dikembangkan apabila bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa pemrograman yang simple dan mudah untuk dipahami. Nah, bahasa pemrograman Javascript ini adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari. Bahkan, di beberapa sekolah dan kurses mengenai bahasa pemrograman, Javascript adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh para siswa peserta pendidikan tersebut. Bagi anda yang baru akan belajar mengenai bahasa pemrograman, maka Javascript sangat cocok untuk anda pelajari terlebih dahulu.
  • Dinamis adalah keunggulan dan kelebihan berikutnya dari bahasa pemrograman Javascript. Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang dinamis diantara banyak bahasa pemrograman lainnya. Dinamin disini adalah fleksbilitas dari pengembangan aplikasi yang berbasis Javascript.

Selain itu, javascript juga mudah untuk diaplikasikan, dan mudah untuk dilakukan penambahan fitur, yang berhubungan dengan fungsi – fungsi penting dari aplikasi tersebut.

  1. Multi platform, bisa dijalankan di banyak sistem operasi
    Apalah gunanya sebuah bahasa pemrograman yang canggih, namun hanya bisa digunakan oleh satu sistem operasi saja? Tentunya akan sangat tidak berguna, adanya jenis sistem operasi komputer akan lebih memvariasikan versi yang ada. Maka dari itu, Javascript menawarkan keunggulan berikutnya, yaitu multi platform.
  2. Selain berbasis sistem operasi, aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman berbasis Javascript juga banyak yang bisa dijalankan pada perangkat komputer dan perangkat komunikasi, seperti handphone yang tidak menggunakan sistem operasi tertentu.
  3. Mudah untuk dikembangkan
    Kelebihan berikutnya dari bahasa pemrograman Javascript ini adalah mudah untuk dikembangkan. Ketika suatu aplikasi sudah selesai dibuat dengan menggunakan basis bahasa pemrograman Javascript, maka aplikasi tersebut bisa dengan mudah dikembangkan.
  4. Hal ini juga mengacu pada konsep dinamis yang diusung oleh bahasa pemrograman Javascript ini. Aplikasi akan lebih mudah untuk diperbaharui dan dikembangkan sesuai degnan kebutuhan user juga perkembangan teknologi yang ada.

Kekurangan Javascript

  • Nah, sama seperti kebanyakan contoh aplikasi ataupun bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman Javascript ini ternyata juga dinilai masih memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bahasa pemrograman Javascript:
  • Script yang digunakan pada Javascript tidak terenkripsi
    Meskipun Javascript adalah bahasa pemrograman yang simple dan mudah dikembangkan, namun ternyata hal ini kontras dengan kemampuan enkripsi dari bahasa pemrograman Javascript. Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis Javascript memiliki enkripsi yang lemah, dan cenderung tidak terenkripsi.
  • Bukan untuk pengembangan aplikasi stand alone
    Merupakan kelemahan, yang juga dampak dari tidak terenkripsinya aplikasi berbasi bahasa pemrograman Javascript. Dengan tingkat keamanan yang sangat rendah, hal ini membuat bahasa pemrograman Javascript hanya bisa dioptimalkan pada sebuah aplikasi yang tergantung pada aplikasi lain. Contohnya adalah aplikasi pada sebuah web browser. Aplikasi javascript ini hanya bisa dijalankan, ketika user sudah menjalankan aplikasi web browser terlebih dahulu, sehingga hal ini menyebabkan aplikasi Javascript bukan merupakan aplikasi yang mandiri atau stand alone, tapi harus bergantung pada aplikasi lain agar dapat berjalan dengan optimal. Terlebih saat menggunakan browser tentunya user memilih web browser terbaik agar lebih memudahkan dalam mengakses internet.
  • Memiliki keterbatasan objek
    Kelemahan berikutnya dari bahasa pemrograman javascript ini adalah terbatasnya objek. Hal in ijuga dipengaruhi oleh kondisi umum dari bahasa pemrograman Javascript yang sanga simple dan juga sederhana, sehingga tentu saja hal ini akan sanga mempengaruhi fitur – fitur yang dimiliki oleh bahasa pemrograman javascipt ini.

Catatan Tambahan
Hampir semua website saat ini menggunakan javascript.tapi ketahuilah bahwa pengakses website bisa mematikan fitur javascript pada browsernya, sehingga website yang diakses akan tampil sebagaimana tampil tanpa javascript. Hal ini bisa membuat tampilan website anda acak-acakan jika anda terlalu bergantung pada kode javascript untuk mendesainnya.
Penggunaan javascript yang terlalu banyak dan tidak rapi dapat membuat loading website anda lambat dan berat. Jadi, gunakan sewajarnya.

About the Author

Admin

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *